Thursday 28 December 2017

Anime "Detective Conan" yang Konsisten Merilis Movie nya

   

     Detective Conan, siapa sih yang tidak mengenal sosok cebol berkacamata nan menyebalkan ini? Bagiku selaku penulis, anime Detective Conan ini sudah kukenal sejak TK. Pertama kali saya menonton Detective Conan adalah saat anime ini disiarkan di salah satu stasiun TV swasta (Indosiar). Menilik dari sejarahnya, detective conan sudah tayang sejak tahun 1996. Detective Conan merupakan salah satu dari anime series terpanjang yang sampai saat ini pun belum mencapai klimaksnya, seperti halnya anime one piece, naruto, doraemon, crayon shinchan, bleach, fairy tail, dan lain sebagainya. Selama hampir 22 tahun anime Detective Conan tayang, hingga kini mereka telah merilis sebanyak 1008 chapter manga, 886 episode, dan 21 movies. Hal ini tentunya menjadi prestasi yang luar biasa untuk Gosho Aoyama sensei, selaku mangaka terkenal pencipta Detective Conan. Yang saya salut dari anime ini, ialah selalu konsisten merilis Detective Conan versi movie setiap tahunnya pada bulan April. Movie Detective Conan pertama dirilis pada 1997 yang berjudul "The Time-Bombed Skyscrapper", movie pertama mengenai teror bom di bangunan-bangunan kota Beika. Dari 21 movie yang sudah rilis, saya sudah menonton semuanya dan beberapa movie yang berkaitan dengan "Black Organization" menjadi daya tarik lebih bagi saya. 



     Detective Conan ini adalah anime yang menceritakan tentang kisah seorang Shinichi Kudo, detektif SMA yang pintar, jenius dan sangat aktif memecahkan berbagai kasus kejahatan. Dengan berbagai kontribusi nya, dia menjadi Dewa penyelamat kepolisian Tokyo. Sampai akhirnya tubuhnya menjadi mengecil karena terciduk saat memata-matai orang berpakaian serba hitam. Nah mereka lah anggota Black Organization, antagonis yang sudah membuat Shinichi Kudo mengecil dengan memberikan obat APTX-4869. Sontak Shinichi pun kaget mengetahui tubuh nya kembali mengecil seperti anak SD. Disinilah dimulai perjuangannya untuk mengejar Black Organization agar bisa membuat tubuh-nya menjadi seperti sedia kala. 

     Sedikit intermezzo, tapi sadarkah kalian yang sudah menonton Detective Conan dari awal hingga kini, kok badannya masih sebesar itu saja? termasuk tokoh-tokoh yang lain. Perubahan yang saya sadari dari episode awal hingga yang terkini adalah perubahan kualitas gambar dan animasi yang lebih bagus. Selain itu ponsel yang digunakan oleh Conan mulai berubah dari ponsel model jadul (buka tutup) hingga sekarang menjadi ponsel smartphone yang di penggunaan nya menyentuh layar. Untuk baju yang digunakan yaa masih manusiawi saya pikir tidak selalu mengenakan jas biru untuk Conan dan karakter lainnya. Tidak seperti Naruto yang bajunya selalu itu-itu saja. HaHaha......

   Tahun 2018 nanti, Detective Conan akan segera merilis movie ke-22 yang berjudul "Zero's Executioner" pada April 2018. Movie yang menurut saya akan sangat dinantikan dengan menampilkan para karakter unggulan. Movie ini sepertinya akan difokuskan pada karakter Amuro Tooru, seorang agen polisi keamanan Jepang dengan codename "Zero" sekaligus anggota organisasi antagonis Black Organization dengan codename "Bourbon". Pada poster nya juga terlihat Kuroda Hyoue, karakter debutan yang merupakan seorang Inspektur Polisi yang pada awalnya dicurigai sebagai anggota ke-2 Black Organization "RUM" karena ciri-ciri fisiknya. (dalam entri selanjutnya saya akan membahas khusus tentang Black Organization). 

  Disini saya ingin mereview tentang movie-movie Detective Conan dari pertama hingga yang akan rilis tahun 2018 nanti. 


1. The Time Bombed Skyscrapper (Waktu rilis : 19 April 1997) 
Pendapatan : 1,1 Miliar Yen 

Dalam film ini, terjadi serangkaian kasus bom pada bangunan-bangunan terkenal di kota Beika yang mengancam teman-teman dekat Conan. Kasus yang terjadi sangat berkaitan dengan masa lalu Shinichi Kudo dan Moriya Teiji seorang antagonis yang berperan sebagai arsitek ingin merubah struktur kota di sekitaran Tokyo dengan menghancurkan gedung-gedung yang ia arsiteki dengan bom. Selain harus menghentikan rencana jahat Moriya Teiji, conan pun juga berjuang menyelamatkan Ran yang terjebak di bangunan saat terjadi ledakan. 
 







2. The Fourteenth Target (Waktu rilis : 18 April 1998) 
Pendapatan : 1,85 Miliar Yen
  

   Dalam ini menceritakan tentang 14 orang yang menjadi target pembunuhan sang pelaku kejahatan. 14 orang tersebut merupakan orang-orang terdekat Kogoro Mouri. Penjahat nya ingin membalas dendam terhadap Kogori Mouri karena berhasil menangkapnya saat Mouri masih bekerja di kepolisian. Saat itu Penjahat menyandera Eri Kisaki (istri Kogoro Mouri) dengan todongan senjata, dan Mouri berhasil menyelamatkan Eri dengan menembaknya. Meskipun berhasil menyelamatkan Eri, namun terluka karena terkena tembakan sehingga Mouri berhenti menjadi polisi dan memulai berkarir menjadi detektif. Salah satu adegan yang epic adalah saat Ran menyelamatkan Conan yang tenggelam di dalam air dengan berbagi udara. 

 

3. The Last Wizard of Century (Waktu rilis : 17 April 1999) 
Pendapatan : 2,6 Miliar Yen

      Film ini menjadi debut bagi karakter Kaitou Kid, karakter pencuri terkenal di anime Detective Conan yang sangat sulit untuk ditangkap. Fokus utama pada film ini adalah mengenai Telur Kekaisaran Paskah yang menjadi sasaran kejahatan selanjutnya oleh Kaitou Kid. Oleh karena itu Kepolisian dan Detektif Mouri bekerja sama untuk melindungi telur yang berharga tersebut. Ini juga menjadi momen pertarungan Conan dan Kaitou Kid. Namun disaat yang bersamaan juga terjadi kasus pembunuhan yang melibatkan keturunan Rasputin. Sekali lagi Conan berjuang melindungi telur dan orang-orang terdekatnya...

4. Captured in Her Eyes (Waktu rilis : 22 April 2000) 
Pendapatan : 2,5 Miliar Yen


   Film ini menceritakan kasus pembunuhan yang meneror kepolisian. kasusnya 2 polisi yang terbunuh sehingga membuat kepolisian meningkatkan kewaspadaannya. Di suatu pesta pernikahan kerabat Inspektur Shiratori, terjadi kasus penembakan yang melukai opsir Sato dan membuat Ran kehilangan ingatannya karena trauma. Ada bumbu-bumbu romance dimana terlihat flashback kisah Shinichi dan Ran saat berkencan di Tropical Land. Conan dan kawan-kawan pun berjuang melindungi Ran dari incaran pelaku teror yang khawatir identitasnya terbongkar. 


5. Countdown to Heaven (Waktu rilis : 21 April 2001) 
Pendapatan : 2,9 Miliar Yen

   
  Film ke-5 dari Detective Conan ini menjadi debut kemunculan 2 karakter antagonis, yang merupakan anggota Black Organization, yaitu Gin dan Vodka. berlatarkan kisah pembunuhan yang melibatkan adik kelas Kogoro Mouri saat peresmian gedung Twin Tower. Kasus Pembunuhan Berurutan pun terus terjadi. Disaat grup Detektif Cilik menyelidiki kasus tersebut, disaat yang bersamaan juga bahaya menghampiri Ai Haibara yang diincar Black Organization. Salah satu momen menarik dari movie ini adalah adanya alat yang bisa mengetahui wajah seseorang dalam 10 tahun ke depan. 


6. The Phantom of Baker Street (Waktu rilis : 20 April 2002) 
Pendapatan : 3,4 Miliar Yen

 
   Salah satu movie Detective Conan terbaik menurut saya. Movie ke-6 ini menceritakan tentang Conan dan kawan-kawan yang bermain dalam sebuah game virtual. Namun keadaan menjadi gawat saat game diretas oleh program komputer yang hidup dan menguasai game virtual tersebut. Disaat yang bersamaan juga di dunia nyata, terjadi kasus pembunuhan pada seorang programer IT. Pada film ini kita bisa menyaksikan deduksi dari ayah Conan/Shinichi kudo yaitu Yusaku Kudo. Kembali di dunia virual, dimana para pemain game yang mayoritas anak-anak harus mempertaruhkan nyawanya untuk menyelesaikan permainan. Apabila semuanya mati, maka keadaan mereka pun akan sama saat di dunia nyata nanti. Untuk menyelesaikan permainan, ada 5 pilihan dunia yang harus dipilih. Conan dan kawan-kawan pun memilih dunia Teror London dimana mereka harus mengalahkan musuh yang legendaris, Jack The Ripper! 

7. Crossroad in The Ancient Capital (Waktu rilis : 19 April 2003) 
Pendapatan : 3,2 Miliar Yen


    Pada film ke-7 ini menceritakan kasus pembunuhan di Kyoto, Tokyo dan Osaka yang melibatkan grup perampok barang antik, seperti Patung Buddha. Film ini juga menjadi debut bagi karakter Hattori Heiji, seorang detektif seperti Conan/Shinichi Kudo yang dimana mereka adalah rival. Sedikit berbau romance saat Heiji bercerita tentang cinta pertamanya saat kecil, yang ternyata adalah orang yang ia kenal.

8. Magician of The Silver Sky (Waktu rilis : 17 April 2004) 
Pendapatan : 2,8 Miliar Yen


   Film ke-8 dari Detective Conan ini menceritakan tentang kasus keracunan yang terjadi di dalam pesawat. Kita bisa menyaksikan kembali peran dari Kaitou Kid. Karena kasus tersebut, Conan dan Kid terpaksa harus merawat dan melindungi korban keracunan di pesawat terbang. 

9. Strategy Above The Depths (Waktu rilis : 09 April 2005) 
Pendapatan : 2,15 Miliar Yen


Pada movie ini, conan dan kawan-kawan sedang berlayar di kapar pesiar. Tiba-tiba terjadi kasus pembunuhan yang melibatkan pihak-pihak pembuat kapal. Salah satu momen yang menarik disini adalah untuk pertama kali nya analisis dari Detektif Mouri tepat saat menebak pelaku pembunuhan di dalam kapal. Kita sebagai penonton dapat mengeksplor lebih lanjut juga tentang masa kecil Shinichi dan Ran yang sedang bermain petak umpet. Saat bermain petak umpet, ran terjebak dalam ruangan tempat ia bersembunyi, namun berhasil ditemukan oleh Shinichi. Ternyata kejadian tersebut berulang saat Conan dan kawan-kawan bermain petak umpet di kapal pesiar. Di saat keadaan genting, pelaku pun berhasil tertangkap, namun kapal pesiar tiba-tiba meledak karena perangkap bom sehingga mengancam seluruh penumpang kapal. Conan harus berjuang kembali untuk menemukan dan menyelamatkan Ran. Alur cerita pada film ini cukup tidak terduga dan mendebarkan. 

 
10. The Private Eye's Requiem (Waktu rilis : 15 April 2006) 
Pendapatan : 3 Miliar Yen

Menurut saya ini adalah satu movie terbaik yang pernah ditonton. Diceritakan Conan, Mouri dan teman-teman mendapatkan undangan spesial untuk mengunjungi taman bermain bernama Miracle Land. Conan dan kawan-kawan diberikan sebuah ID berbentuk jam dimana ID tersebut berguna sebagai tanda masuk wahana Miracle Land. ID yang premium/spesial sehingga mereka yang memilikinya bisa bermain setiap wahana sepuasnya. Namun Conan dan Mouri tiba-tiba dihadapkan pada situasi yang berbahaya bahwa sebenarnya orang-orang terdekat mereka sedang disandera secara tidak langsung. Hal yang mengejutkan, id yang mereka gunakan ternyata merupakan sebuah bom berdaya ledak tinggi. Conan dan Mouri tidak ingin teman-teman menyadari bahwa ID yang mereka gunakan adalah bom. Untuk menyelamatkan semuanya, Conan dan Mouri bekerja sama untuk memecahkan sebuah kasus masa lampau. Disini kita bisa melihat beberapa tokoh penting, para detektif yang ternyata mengalami hal yang sama seperti Hattori Heiji dan Hakuba Suguru. 

11. Jolly Roger in the Deep Azure (Waktu rilis : 21 April 2007) 
Pendapatan : 2,5 Miliar Yen 

   
 Film ini ada kaitannya dengan bajak laut. Menceritakan tentang kasus pembunuhan yang melibatkan para pemburu harta karun di sebuah kapal bajak laut. Kalau menurut saya film nya biasa karena saya tidak terlalu menyukai genre bajak laut, namun tidak ada salahnya kalian untuk mencoba menonton.

12. Full Score of Fear (Waktu rilis : 19 April 2008) 
Pendapatan : 2,4 Miliar Yen 


   Fokus cerita utama pada movie kali ini adalah kasus yang melibatkan para musisi. Satu per satu musisi menjadi korban pembunuhan. Musisi yang menjadi tokoh utama adalah Reiko Akiba, seorang penyanyi anggota akademi musik terkenal milik Doumoto. Selain jenius menyanyi, reiko memiliki kontrol nada yang sempurna. Fakta menarik lainnya, conan/shinichi yang tidak pandai bernyanyi pun ternyata memiliki kemampuan kontrol nada yang sempurna juga. Reiko merupakan salah satu musisi yang menjadi target pembunuhan berurutan yang meneror para anggota akademi musik tersebut. Tugas Conan yang harus menemukan pelaku teror dan menyelidiki motif dari pelaku tersebut. 

13. The Raven Chaser (Waktu rilis : 18 April 2009) 
Pendapatan : 3,5 Miliar Yen 


   Yee... untuk kedua kalinya, para Black Organization kembali masuk dalam alur movie. Diawali oleh rapat gabungan para kepolisian Jepang dari berbagai prefektur karena suatu kasus yang terjadi di prefektur mereka. Mouri pun ikut bergabung untuk membantu kasus yang sedang terjadi. Conan yang sedang menunggu di luar ruangan menguping menggunakan alat canggih dari Profesor Agasa. Namun tiba-tiba Conan terkejut mengetahui keberadaan mobil Porsche miliki Gin berada di luar kantor kepolisian. Conan mencurigai Black Organization menyusupi rapat kepolisian untuk mendapatkan informasi. Pada situasi klimaks, identitas asli Conan telah diketahui oleh anggota BO terbaru, dengan codename Irish. Irish menyamar menjadi salah satu polisi dan mampu membekuk semua polisi dan inspektur dengan cerdik seorang diri. Irish diketahui merupakan anak dari anggota BO yang telah terbunuh yaitu Pisco. Irish yang mengetahui identitas asli Conan berusaha untuk menangkap/melenyapkan Conan dan membuktikan kepada BIG BOSS BO bahwa Gin sudah membuat kesalahan yang fatal dengan fakta Shinichi Kudo/Conan masih hidup.


14. The Lost Ship in the Sky (Waktu rilis : 17 April 2010) 
Pendapatan : 3,2 Miliar Yen 


   Kembali saya menyaksikan pertarungan antara Conan dan Kaitou Kid dalam movie ini. Movie ini juga menjadi debut bagi karakter Suzuki Jirokichi (Paman Sonoko) seorang bos perusahaan Suzuki yang kaya raya. Paman Jirokichi ingin menantang Kaitou Kid untuk mencuri permata mewah terbarunya, lady sky, di kapal udara mewah miliknya. Di kapal tersebut terdapat semua karakter utama seperti Conan, Mouri, Ran, dan para detektif cilik. Namun kejadian terduga terjadi saat kapal udara di ambil alih oleh kelompok teroris untuk menyebarkan virus berbahaya. Kid yang menyelundup dan menyamar terpaksa kembali bekerja sama dengan Conan untuk mengalahkan kelompok teroris tersebut. Namun virus yang disebarkan oleh kelompok teroris tersebut hanyalah kamuflase untuk beraksi di tempat lain atau target sesungguhnya. Teroris tersebut berniat untuk mencuri patung Buddha di sebuah kuil dan memanfaatkan pengalihan isu yang mereka lakukan agar perhatian polisi tertuju pada kejadian di kapal udara.

15. Quarter of Silence (Waktu rilis : 16 April 2011) 
Pendapatan : 3,1 Miliar Yen 

   
 Cerita bermula saat Gubernur setempat akan meresmikan kereta bawah tanah metropolitan yang ke sekian. Di saat yang bersamaan, conan dan kawan-kawan sedang berada di mobil Profesor Agasa yang berkendara di terowongan dekat dengan kereta api yang baru diresmikan. Sesaat Conan melihat siluet hitam dan terkejut orang tersebut sedang memasang perangkap bom. Menanggapi hal yang gawat tersebut, conan bergegas turun dengan mesin skate nya untuk menghentikan mobil-mobil yang akan melewati terowongan. Ledakan besar pun tidak terhindarkan, kereta api yang tergelincir karena guncangan bom nyaris melukai bahkan menewaskan banyak orang. Conan dan kawan-kawan pun berinisiatif untuk menemukan dan mencari motif pelaku pemboman. Momen epic terjadi saat Conan yang nyaris meninggal karena terkubur es.

16. The Eleventh Striker (Waktu rilis : 14 April 2012) 
Pendapatan : 3,1 Miliar Yen 


   Film ke-16 Detective Conan bertemakan tentang sepak bola. Suatu hari Kantor Detective Mouri menerima telepon dari orang yang misterius dan memberi tahu bahwa ada bom yang akan meledak. Mouri, Conan dan kawan-kawan bergegas untuk menemukan bom tersebut. Momen terkeren adalah saat Conan yang berusaha menjinakkan puluhan atau ratusan bom di langit-langit stadion dengan mesin skate dan alat-alat canggihnya. Meskipun demikian, ledakan besar di stadion tidak terhindarkan dan papan skor raksasa hampir menimpa para pemain dan penonton di stadion tersebut. Salut sama aksi heroik Conan!

17. Private Eye in the Distant Sea (Waktu rilis : 20 April 2013) 
Pendapatan : 3,6 Miliar Yen 

     Film ini menceritakan tentang seorang mata-mata yang berusaha mencuri informasi atau intel mengenai kapal perang Aegis yang kebetulan sedang dinaiki Conan dan kawan-kawan. Jika informasi tersebut bocor, maka pertahanan laut Jepang akan terancam dan rentan di serang oleh negara-negara lain. Berkat seorang anak-anak yang ditelantarkan, conan berhasil menemukan identitas dari sosok mata-mata tersebut dan berusaha menangkapnya. 

18. Dimensional Sniper (Waktu rilis : 19 April 2014) 
Pendapatan : 4,1 Miliar Yen


   Lagi-lagi salah satu film terbaik dari Detective Conan yang berhasil memecahkan rekor dalam pendapatan mereka. Saat menonton trailer-nya, saya sempat menduga bahwa film ini akan kembali memunculkan peran-peran para Black Organization. Namun ternyata bukan mereka, melainkan kasus teror penembak jitu yang menghantui para masyarakat sekitar Tokyo. Para anggota FBI pun harus terlibat untuk menyelesaikan kasus tersebut. Kita bisa melihat debut dari karakter Okiya Subaru dan Masumi Sera. Dari alur cerita awal hingga akhir yang menurut saya tetap terbawa tegang. Beberapa karakter utama pun sempat terancam nyawanya. Seperti yang diduga bahwa Okiya Subaru sesungguhnya merupakan Akai Suichi yang masih hidup. Scarlet Return!

19. Sunflower of Inferno (Waktu rilis : 18 April 2015) 
Pendapatan : 4,4 Miliar Yen

 
   Film ke-19 dari Detective Conan yang kembali menceritakan Kaitou Kid. Kaitou Kid yang berencana akan mencuri lukisan-lukisan bunga matahari terkenal karya Van Gogh. Conan pun seperti biasa mengikuti kasus KID dari menonton TV. Conan sempat kaget saat mengetahui Kaitou Kid menggunakan pistol sungguhan, diceritakan sebelumnya Kaitou Kid tidak pernah membunuh atau menggunakan senjata berbahaya. Dari situ Conan merasa aneh dan berusaha mengikuti lebih lanjut tentang kasus tersebut. Jirokichi Suzuki kembali membuat sensasi dengan berhasil mengumpulkan seluruh lukisan bunga matahari melalui sebuah lelang, sehingga ia membangun sebuah museum yang serba bunga matahari untuk memamerkan lukisan bunga matahari yang dimiliki. Tidak terduga memang melihat perubahan pada Kaitou Kid. Namun fakta yang mengejutkan nya adalah seorang penipu yang menyamar menjadi Kaitou Kid dan berusaha untuk mendapatkan lukisan-lukisan tersebut.

20. The Darkest Nighmare (Waktu rilis : 16 April 2016) 
Pendapatan : 6,3 Miliar Yen

 
   Akhirnya salah satu movie terbaik lagi menurut saya. Sebelumnya pada alur cerita anime, sudah mencapai cerita bahwa Akai Suichi masih hidup dan belum diketahui oleh Black Organization. Kemudian Akai diperingatkan oleh Kir bahwa anggota BO lainnya sudah mulai bergerak, dan orang tersebut adalah RUM, orang kedua di BO dan seorang pemain yang melebihi Gin. Dari trailer saya duga RUM ini akan dimunculkan, namun saya tidak sepenuhnya puas. Film ini menceritakan tentang seorang tangan kanan RUM, Curacao yang berhasil mencuri intel dari kantor polisi keamanan Jepang. Hal tersebut menyebabkan Bourbon yang sejatinya adalah agen rahasia mengejar Curacao. Akai yang tiba-tiba muncul ikut dalam drama kejar-kejaran Amuro-Akai dan Curacao. Namun Curacao berhasil lolos. Identitas Bourbon dan Kir yang asli pun terancam terbongkar. Conan pun kembali ikut turun tangan bertarung dengan Black Organization di sebuah taman bermain. Banyak pembunuhan epic yang dilakukan BO terhadap tikus-tikus Black Organization yang menyusup dan terbongkar identitasnya.

21. The Crimson Love Letter (Waktu rilis : 15 April 2017) 
Pendapatan : 6,8 Miliar Yen

   
 Film ini berfokus pada kisah asmara Heiji Hattori dan Kazuha. Namun, Kazuha memiliki saingan dari wanita yang juga mencintai Heiji, yaitu Momoji Ooka seorang pemain karuta profesional kelas atas.

22. Zero's Executioner (Waktu rilis : 13 April 2018) 
Pendapatan : 

    Untuk penggemar Conan tentunya jangan lewatkan movie ke-22 yang akan segera rilis nanti. Untuk alur cerita saya belum tau pasti namun sepertinya akan berpusat pada Amuro Tooru/Bourbon/Furuya Rei/Zero. Memang baru 1 trailer yang sudah keluar. Biasanya trailer sambungannya akan segera diliris. Tetapi saya cukup antusias jika melihat poster movie-nya. Ini akan menjadi debut bagi Kuroda Hyoue, seorang inspektur polisi bermata satu yang saat ini diduga sebagai RUM. Patut dinantikan alur cerita dari movie ini. 

Kurang lebih seperti itulah review dan penjelasan dari sudut pandang saya. Nah... apakah film detective conan favoritmu? kalo saya selaku penulis sih yang review nya agak panjang lah yang disukai. hehehe.... 

No comments:

Post a Comment