Sunday 24 December 2017

11 Destinasi Wisata yang WAJIB Dikunjungi di Belitung

     
Sempat terpintas dalam pikiran ku ingin sekali rasanya pergi ke luar negeri, pergi mengunjungi negara-negara impian yang kata orang-orang itu sangat asik, menyenangkan dan indah. Sebut saja Inggris, Amerika, Jepang, Korea, Arab, dan banyak lagi. Namun saat diriku melakukan tur di suatu pulau di Indonesia, ternyata Indonesia tidak kalah indahnya, tidak kalah hebatnya dari negara-negara lain... 


     Yaa... Indonesia. Tidak hanya terkenal akan kekayaan alamnya, namun juga oleh kebudayaan, kesenian, sejarah, hingga kuliner nya. Sehingga banyak sekali Destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Indonesia. Sebut saja yang terkenal Destinasi wisata di Bali, Raja Ampat, dan sebagainya. Kali ini diriku ingin berbagi pengalaman mengenai perjalanan liburan saat mengunjungi destinasi wisata yang sangat menarik di salah satu pulau di Indonesia di pertengahan tahun 2017. 
     Bersama rekan-rekan kerja, kami berlibur ke Pulau Belitung yang terletak sebelah timur dari provinsi Sumatera. Banyak orang disana yang menyebut Belitung menjadi Belitong. Saat perjalanan dari Bandung, kami menggunakan travel menuju Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta), karena perjalanan kali ini akan menggunakan pesawat terbang, karena saat itu kami mendapatkan tiket promo dari jauh-jauh hari. (Alhamdulilah....) Selain itu juga menjadi pengalaman pertamaku menaiki pesawat. Rasa takut ada, khawatir banyak :( Perjalanan dari Jakarta menuju Belitung kira-kira memakan waktu sekitar 1 jam. Selama 4 hari 3 malam, banyak destinasi seru yang sudah kami kunjungi dan mungkin bagi kalian yang ingin berlibur ke Belitung wajib kesini!!! 

     
     Meskipun sangat banyak tempat wisata yang ada di Pulau Belitung, namun 11 tempat inilah yang sangat ku rekomendasikan untuk kalian kunjungi...
Dan berikut 11 Destinasi Wisata yang WAJIB Dikunjungi di Belitung : 


1. Pantai Tanjung Pendam 


Pantai Tanjung Pendam 

     Kalau kata orang, inilah pantai yang paling terkenal yang terdapat di Belitung. Pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Belitung. Dengan kondisi ombak yang tidak terlalu tinggi, kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan sejuk, juga pantai ini sangat pas untuk menikmati senja dengan melihat sunset. Di sekitar pantai juga terdapat taman bermain untuk anak-anak dan warung-warung makanan saat yang bisa dikunjungi. Di sini, kita akan menemukan banyak undur-undur laut. 

2. Danau Kaolin 


Danau Kaolin 

     Danau Kaolin ini terletak di Belitung Barat. Asal mula danau Kaolin ini merupakan tempat penggerukan timah. Pasir-pasir yang terkumpul disana digunakan sebagai bahan pembuatan keramik. Karena pemandangan Danau Kaolin yang terlihat sangat biru ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk sekedar berfoto. Hanya saja kita harus waspada saat cuaca panas di siang hari jangan lupa membawa topi dan kacamata. 

3. Kampoeng Ahok 


Kampoeng Ahok, rumah semasa kecil pak A


     Selanjutnya ada Kampoeng Ahok. Pasti kalian bertanya-tanya "kok ada Kampung Ahok?" Jadi Belitung ini sendiri merupakan kampung halaman, tempat tinggal semasa kecil pak Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih sering kita kenal pak Ahok. Dengan berupa rumah panggung, Kampoeng Ahok menyediakan berbagai souvenir ala-ala Ahok. Seperti batik khas Belitung, dan berbagai oleh-oleh kuliner khas Belitung. 

     
4. SD Muhammadiyah Gantong


Bersama 'Sahabat Rimba' di SD Muhammadiyah Gantong
     Mungkin tempat ini tidak asing bagi teman-teman semua. Yaa di tempat inilah yang menjadi lokasi syuting dari Film 'Laskar Pelangi' yang sangat bagus itu. Buat yang sudah menonton film nya, kalau sudah mengunjungi sekolah ini, kita bisa menyerap dan merasakan langsung semangat belajar para anak-anak laskar pelangi, meskipun dengan kondisi sekolah/kelas yang kurang baik. Di sini kita bisa bertemu dengan para 'Sahabat Rimba' 

5. Pantai Penyabong

     
Pantai Penyabong


     Memang begitu banyak pantai-pantai yang indah di Belitung. Namun apa sih yang menjadi keunikan pantai Penyabong ini? Selain pasir putih yang terdapat di sini, yang menjadi daya tarik adalah adanya jejeran batu-batu granit yang tinggi, langka dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tentunya sangat bagus bagi para wisatawan yang hobi berfoto :) 


Keindahan Pantai Penyabong

6. Bukit Baginda

     
Bukit Baginda


     Buat teman-teman yang senang hiking ataupun tracking, jangan lewatkan tempat yang satu ini. Bukit Baginda, salah satu tempat favorit karena untuk dikelilingi oleh hutan-hutan yang hijau. Karena letak yang cukup tinggi, sehingga kita harus menggunakan tangga dan tali bantu untuk mencapai puncak ke atas. Meskipun cukup tinggi, namun menurutku masih aman dan benar-benar terasa perjuangannya saat mencapai puncak. Kita akan melihat pemandangan hutan dan langit dari ketinggian. Reccomended!






7. Pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi

     Pantai ini sering disebut sebagai pantai laskar pelangi. Seperti halnya pantai Penyabong, pantai Tanjung Tinggi juga salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Fasilitas yang terdapat di sekitar pantai juga cukup memadai. 


8. Pulau Lengkuas 


Suasana Pulau Lengkuas

     Salah satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Belitung adalah Pulau Lengkuas. Salah satu rute wajib saat kalian mengunjungi Belitung karena pulau Lengkuas ini memiliki daya tarik dari keberadaan sebuah mercusuar tua. 
   
Mercusuar yang terdapat di pulau Lengkuas ini diresmikan pada tahun 1882 pada saat pemerintahan Kolonial Belanda, yaitu Raja William. Berdasarkan hasil wawancara yang saya peroleh dari pengelola mercusuar, pada mercusuar terdapat 18 tangga dan masih berfungsi hingga saat ini, selain itu juga sebagai penanda alur kapal yang sedang lewat sekaligus sebagai batas negara. Informasi lainnya, sebenarnya jika menganut UU No 17 Pelayaran, pulau Lengkuas merupakan pulau yang terisolir, namun tidak menutup kemungkinan untuk menjadi destinasi wisata. 

9. Vihara Dewi Kwan In


Patung Dewi Kuan In

     Vihara Dewi Kwan In merupakan salah satu vihara tertua yang terdapat di Belitung. Sudah berdiri sejak tahun 1747, vihara ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat yang beribadah maupun para wisatawan yang berkunjung.  
    
10. Museum Kata Andrea Hirata 


Museum Kata Andrea Hirata "tampak luar"

     Museum Kata Andrea Hirata ini merupakan museum literasi pertama yang terdapat di Belitung sekaligus di Indonesia. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Banyak sekali karya milik Andrea Hirata seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan lainnya yang terdapat di museum ini. Selain itu, berbagai karya beliau juga diterjemahkan dalam berbagai bahasa Dunia. Wahhh.. banyak sekali hal yang menginspirasi dan ilmu literasi yang kita serap di museum ini. 

11. Galeri KUMKM

     Kalau teman-teman ingin membeli oleh-oleh khas Belitung, jangan lewatkan untuk mengunjungi galeri KUMKM. Disini lah pusat oleh-oleh kuliner, kerajinan tangan, batik khas Belitung, pokoknya untuk beli-beli disini pusatnya! Oleh-oleh terkenal khas Belitung seperti sirup jeruk kunci, kopi belitung, terasi belacan, batu satam dan berbagai kerajinan keren lainnya. Galeri KUMKM ini juga sekaligus sebagai wadah bagi usaha menengah para masyarakat dalam memasarkan produk khas Belitung.









   


     Itulah 11 Destinasi tempat yang wajib dikunjungi jika kalian ingin berlibur ke Belitung. Sebagai penutup saksikan juga VLOG ku saat mengembara ke Belitung di bawah ini. 

↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡↡



No comments:

Post a Comment